Absensi Baru

7.1.2 Absensi Baru
       Menu absensi digunakan untuk mencatat ketidakhadiran karyawan karena suatu alasan, misalnya sedang sakit, izin, atau menggunakan cuti tahunan. Berikut merupakan cara penggunaan menu absensi.
1. Klik Absensi>>Absensi>>Absensi Baru.
2. Pada tampilan Absensi [Baru], masukkan “Nama Karyawan”, “Alasan” tidak hadir, tentukan “Untuk Tanggal kerja”, “Dari Tanggal”, “Sampai Tanggal”, jika ketidakhadiran hanya 1 (satu) hari atau setengah hari, kolom jam wajib diisi (kolom Dari jam dan kolom Sampai Jam), jika dua hari atau lebih, kolom jam dikosongkan. Kemudian klik simpan. 
       Pada Chekbox approve status dapat dipilih apporove, reject atau pending yang fungsinya untuk absensi karyawan tersebut disetujui atau reject maupun pending. Pada menu absensi baru terdapat chekbox untuk hitung sebagai hari kerja, otomatis potong cuti dan Potong poin. Apabila dicentang hitung sebagai hari kerja maka, keterangan absensi karyawan tersebut terhitung hari kerja, dan apabila dicentang otomatis potong cuti, akan muncul keterangan lain seperti potong cuti dalam hari dan potong cuti dalam menit. Untuk potong cuti dalam hari dia terhitung full dalam hari tersebut dan apabila dipilih potong cuti dalam menit maka cutinya dipotong permenitnya atau total menit izinnya. Setelah itu selesai kita isikan keterangannya.
Untuk potong poin kita centang maka akan muncul dua pilihan yang harus kita isi yaitu tipe point dan point. Untuk tipe point kita pilih yang sebelumnya sudah diinput melalui menu karyawan dan untuk point diisi jumlah berapa point yang akan dikurang. 
 
Terdapat beberapa pilihan set jam :



 
None: Lakukan pemilihan pada opsi None, jika tidak mau mengambil nilai yang ada di opsi Dari Jam dan opsi Sampai Jam diisi.

Set Jam Akhir Sebagai Jam Masuk: Pilih opsi ini jika mau menjadikan opsi Sampai Jam sebagai jam masuk kehadiran karyawan.

Set Jam Akhir Sebagai Jam Pulang: Pilih opsi ini jika mau menjadikan opsi Sampai Jam sebagai jam masuk kehadiran karyawan.

Set Keduanya sebagai In / Out: Set kedua jam yang kita isi pada absensi menjadi Check in dan Check Out.

Set Keduanya sebagai Break In / Out: Set kedua jam yang kita isi pada absensi menjadi Break In dan Break Out.

Set Jam Awal Sebagai Jam Pulang: Pilih opsi ini jika mau menjadikan opsi Dari Jam sebagai jam pulang kehadiran karyawan.

Set Jam Awal Sebagai Jam Masuk: Pilih opsi ini jika mau menjadikan opsi Dari Jam sebagai jam masuk kehadiran karyawan