Daftar Report

11.2 Daftar Report
       Daftar report merupakan fitur yang digunakan untuk menampilkan laporan seperti laporan penggajian, karyawan, kehadiran, serta absensi. Tampilan awal dari Daftar Report adalah seperti berikut.
 

 
Semua laporan dikelompokkan ke dalam kategori laporan dan di setiap kategori laporan memiliki daftar laporannya masing-masing. Ketika kita membuka suatu laporan, akan muncul kotak dialog baru dengan nama filter editor. Di sini kita akan belajar lebih dalam tentang bagaimana menggunakan filter editor. Filter editor adalah editor yang digunakan untuk melakukan filter agar data pada laporan sesuai dengan ketentuan yang kita inginkan. Di APS, terdapat dua jenis filter editor yang akan kita jumpai, yaitu filter editor dinamis dan filter editor statis.

1. Filter Editor Dinamis
        Penggunaan filter editor dinamis terbilang cukup sulit tetapi, dengan filter editor ini, kita dapat melakukan filter terhadap data sesuai dengan keinginan kita.
 
Untuk mempelajari filter editor dinamis, perlu pemahaman khusus tentang tabel logika. Tabel logika merupakan tabel yang digunakan untuk melihat suatu kebenaran dalam sebuah pernyataan. Pernyataan ini akan menghasilkan benar atau salah. Benar dan salah ini lah yang akan diproses oleh APS untuk menghasilkan data yang akan ditampilkan di laporan.
 
Tabel 11.1 Tampilan Tabel Logika.
P1 P2 And Or Not And Not Or
1 1 1 1 0 0
1 0 0 1 1 0
0 1 0 1 1 0
0 0 0 0 1 1
1 = Pernyataan benar
0.= Pernyataan salah


Jika sudah memahami tentang tabel logika, maka selanjutnya kita harus mengerti tentang “Kondisi”. Kondisi adalah situasi yang membuat pernyataan sebelumnya bisa menjadi benar atau salah. Kondisi bisa berbeda tergantung tipe data yang ditetapkan. Contoh berikut merupakan cara untuk melihat laporan penggajian atas nama “Andi” pada periode penggajian 21 Februari 2018 sampai dengan 20 Maret 2018.
 

 
Logika yang digunakan adalah logika AND karena kita ingin semua pernyataan harus benar untuk menghasilkan data.
Pernyataan 1:
“[FromWorkingDate] Is greater than or equal to 2/21/2018” Artinya periode awal penggajian lebih besar atau sama dengan 21 Februari 2018.
Pernyataan 2:
“[ToWorkingDate] Is less than or equal to 3/20/2018” Artinya periode akhir pernggajian lebih kecil atau sama dengan 20 Maret 2018.
Pernyataan 3:
“[EmployeeName] Equals Andi” Artinya karyawan bernama Andi Karena logika yang digunakan adalah AND, maka semua pernyataan tersebut harus benar.
 
 
Pada gambar di atas, bisa dilihat ketiga pernyataan terpenuhi sehingga data yang akan ditampilkan di report adalah data tersebut.
 

 
Jika pada filter editor kita ubah periode awalnya menjadi lebih besar dari 21 Febuari, maka pernyataan pertama tidak memenuhi data apapun yang ada di penggajian dan akan bernilai salah. Karena menggunakan logika AND, maka tidak akan ada data yang akan ditampilkan di laporan.
 

 
Perhatikan, pada pernyataan pertama FromWorkingDate harus lebih besar dari 21 Februari 2018 yang dengan kata lain, FromWorkingDate lebih besar sama dengan 22 Februari 2018.
 
Sedangkan pada data penggajian, tidak ada penggajian pada periode awal dimulai dari 22 Februari 2018 sehingga report tidak akan menampilkan data apapun.
 

 
Berbeda ceritanya ketika kita mengganti logika menjadi OR, walaupun pernyataan 1 salah, tetapi pernyataan lain masih memenuhi kriteria. Maka laporan akan tetap menampilkan data.
 

 
Perhatikan, pernyataan satu masih bernilai salah tetapi logika yang digunakan adalah logikan OR. Pada data penggajian, terdapat dua pernyataan yang benar.
 
Maka report akan tetap menampilkan data tersebut. 
 

2. Filter Editor Statis
       Penggunaan filter editor statis sangat mudah jika dibandingkan dengan filter editor dinamis, tetapi dengan filter editor ini, kita dibatasi untuk melakukan filter data.
 

 
Tampilan di atas merupakan Filter Editor dari laporan history gaji nomor 16 di mana filter hanya diisi dengan periode dan nama karyawan. Di setiap filter editor statis, terdapat kolom berwarna kuning. Kolom tersebut adalah data yang wajib diisi. Setiap filter editor statis, memiliki kolom yang berbeda-beda tergantung data apa yang diperlukan untuk menampilkan report. Berikut contoh filter editor statis dari laporan history gaji nomor 16 yang difilter berdasarkan periode 21 Februari 2018 sampai dengan 20 Maret 2018 atas nama Andi.