FAQ Jabatan

1. Bekerja di luar jadwal kerja.
Q : Apakah sistem dapat membaca karyawan yang bekerja di luar jadwal kerjanya ?
A : Bisa, yaitu dengan dua cara : Cara 1 : Pada jadwal tambahan. Cara 2 : Pada proses kehadiran , sistem akan bertanya apabila seorang karyawan masuk pada jadwal yang tidak sesuai, apakah gaji tersebut dihitung ?

2. Pergantian shift.
Q : Apakah bisa sistem tersebut membaca pergantian shift per minggu ?
A: Bisa, caranya tentukan grup jadwal berdasarkan minggu, sesuaikan dengan sistem shift yang berjalan, maksimal sepuluh minggu dengan menghitung rumus : Jumlah tahun berjalan dibagi dengan jumlah shift yang ada.

3. Long shift.
Q: Bagaimana cara mengatasi karyawan yang melanjutkan pekerjaan pada shift 1 dan berlanjut pada shift 2 dan pada hari yang sama ?
A : Buat jadwal baru yang merupakan penggabungan dari dua shift tersebut.

4. Jadwal Lembur
Q : Bagaimana cara menentukan jadwal lembur kerja yang dihitung setelah menit ke X setelah jadwal pulangnya ?
A : Pada jadwal kerja, pilih lembur lalu pilih pilihan non kelipatan dan isi pada kolom lembur pulang dihitung dari : X (sesuai dengan ketetapan perusahaan).

5. Jeda pada jadwal.
Q : Apa yang dimaksud jeda Check In dan Break Out, dan jeda Break In dan Check Out pada menu jadwal, kolom jam istirahat?
A : Untuk jeda Check In dan Break Out maksudnya adalah ketika kita ingin melakukan Break Out, harus berada di atas menit jeda Check In dan Break Out. Jika kita melakukan Break Out pada menit di bawah nilai jeda Check In dan Break Out maka, tidak akan terhitung Break Out. Begitu juga dengan jeda Break In dan Check Out.

6. Jam masuk berbeda setiap hari.
Q : Bagaimana jika karyawan A memiliki jam masuk yang berbeda-beda pada tiap hari, misal Jam masuk Senin 08.00, Selasa 09.00, Rabu 08.00 dst, apakah seperti itu dapat diimplementasi?
A : Bisa diimplementasi seperti itu, dengan cara pada Grup Jadwal, pilih menu berdasarkan Hari. Lalu tentukan pada hari senin si karyawan A menggunakan jadwal mana, lalu pada hari selasa menggunakan jadwal mana, dan begitu seterusnya.

7. Jadwal tidak wajib datang.
Q : Bagaimana cara membuat jadwal jika si karyawan A tidak diharuskan hadir pada jadwal tersebut? Namun dia boleh datang , boleh tidak datang.
A : Pada menu grup jadwal, ketika ingin memberi jadwal, jangan gunakan tanda centang pada kolom centang namun, gunakan tanda kotak. Centang berarti mandatory, petak berarti optional.

8. Centang hari sebelumnya.
Q : Apa kegunaan centang hari sebelum pada menu jadwal ?
A : Kegunaan centang hari sebelum di menu jadwal berfungsi untuk mengatur jadwal yang telah ditentukan, apabila hari sebelum dicentang maka jam yang telah ditentukan berguna untuk hari sebelumnya.

9. Jeda untuk jadwal non flexible
Q : Apakah jeda berlaku untuk jadwal istirahat Non flexible ?
A : Tidak berlaku.

10. Jadwal off dan hari off.
Q : Apakah perbedaan centangan jadwal off kosong dengan Fitur hari off ?
A : Jadwal off akan muncul jika diproses kehadiran dan hari off tidak akan muncul di kehadiran.

11. Jam mulai masuk.
Q : Jika jam clock in karyawan lebih cepat dari jam mulai masuk, apa yang terjadi ?
A : Data tidak tersimpan pada APS tetapi di mesin ada.