Group Jadwal Baru

4.2 Menu Grup Jadwal
        Menu “Grup Jadwal” berfungsi untuk mengelompokkan jadwal menjadi satu. Untuk membuat Grup Jadwal klik menu Jadwal>>Grup Jadwal>>Grup Baru. Setelah tampilan “Grup Jadwal [Baru]” muncul tentukan ‘Nama Group”, kemudian pilih “Jadwal Kerja”, untuk jadwal kerja bisa dipilih “Berdasarkan Hari, Berdasarkan Minggu dan Berdasarkan Bulan”.
 


 
4.2.1 Jadwal Kerja Berdasarkan Hari
       Jadwal kerja berdasarkan hari dipilih jika jadwal kerja yang ditetapkan ingin diulang setiap minggunya. Pada jadwal kerja berdasarkan hari, terdapat tiga kondisi kehadiran, yaitu “Tidak ada jadwal”, “Wajib hadir”, “Tidak wajib hadir”. “Tidak ada jadwal” dipilih jika pada hari yang ditentukan tidak memiliki jadwal apapun. “Wajib hadir” dipilih jika pada hari yang ditentukan memang harus hadir. Sedangkan untuk “Tidak wajib hadir”, jika dipilih maka pada hari yang ditentukan tidak harus hadir, tetapi tetap dihitung kerja jika karyawan hadir.

Jadwal kosong/tidak ada jadwal.
Jadwal kerja yang mutlak, wajib hadir.
Jadwal kerja tidak mutlak, bisa hadir , bisa tidak.
       Kemudian centang kolom hari untuk memilih hari apa saja yang digunakan. Klik tombol “Buat Jadwal” untuk memilih jadwal yang akan diberlakukan. Pada gambar di bawah merupakan contoh penggunaan Group jadwal, di mana Nama Group adalah “Jadwal Admin” dan jadwal kerja yang digunakan “Berdasarkan Hari”.
Untuk hari Senin, Selasa, dan Rabu digunakan “Jadwal Pagi” sedangkan Kamis, Jumat, dan Sabtu digunakan “Jadwal Sore” .
 

 
Setelah selesai membuat Group Jadwal, klik “simpan”.


4.2.2 Jadwal Kerja Berdasarkan Minggu
       Jadwal kerja berdasarkan minggu dipilih jika jadwal kerja ingin dikelompokkan ke dalam jumlah minggu yang ditentukan. Sebagai contoh, jika seorang karyawan di dalam satu bulan memiliki empat kali perputaran jadwal di setiap minggunya, maka jumlah minggu yang dimasukkan adalah sebanyak empat, dan secara otomatis APS akan memunculkan empat minggu yang bisa diisi seperti pada jadwal kerja berdasarkan hari. 
 
 


4.2.3 Jadwal Kerja Berdasarkan Bulan
       Jadwal kerja berdasarkan bulan dipilih jika jadwal kerja ingin dikelompokkan ke dalam satu bulan, tetapi dengan jadwal yang berbeda-beda setiap harinya. Sebagai contoh, jika seorang karyawan di dalam satu bulan memiliki jadwal yang berbeda setiap harinya, tetapi berulang di bulan selanjutnya, maka pilih jadwal kerja berdasarkan bulan dan secara otomatis APS akan membuat sebuah kalender yang terdiri dari tiga puluh satu hari. Kalender tersebut dapat diisi dengan jadwal yang tersedia.