Karyawan Baru

5.1.4 Karyawan
        Menu karyawan merupakan tempat mendaftarkan semua karyawan berserta data-datanya yang proses penggajiannya akan melalui program APS HRD System.Untuk menambah atau mengedit data karyawan dapat diikuti langkah-langkah berikut.
1. Klik menu Karyawan>>Karyawan>>Karyawan Baru.
2. Setelah tampilan Karyawan Baru muncul, terdapat beberapa tab yang disediakan, yakni tab Data Karyawan, Kotak Darurat, Rekening, File Lainnya, Category, Mesin, Jadwal Kerja, Gaji dan Tunjangan, Pendidikan, Refrence, Pengalaman Kerja, Bahasa, Catatan, Memo Penggajian, User, Kolom Lain, Approval, dan yang terakhir adalah Skill.


 
3. Klik tab Data Karyawan, isikan data-data sesuai dengan kolom yang ditampilkan. Untuk menambahkan foto klik tombol “…”, atau tombol “capture”, untuk mengambil foto dari kamera.
 

 
4. Untuk tab Kontak Darurat diisi sesuai kontak darurat yang diberikan karyawan.
5. Untuk tab Rekening, sesuaikan dengan data yang diberikan karyawan. Tab File Lainnya digunakan untuk menambah berkas-berkas karyawan (Contoh: Fotocopy Ijazah, Nilai dan lain-lain).
6. Tab Category, tentukan kategorinya.
7. Kemudian klik tab Mesin, pada tab ini terdapat nama mesin absen yang sebelumnya telah didaftarkan kedalam APS. Tentukan di mana karyawan bisa menggunakan mesin absen, yaitu dengan cara mencentang kotak yang berada di sebelah kiri nama mesin absen, untuk User Id sesuaikan dengan Id yang didaftarakan pada mesin absen.
 

Contoh : Jika pada mesin absen user Id karyawan adalah 1 (satu), maka User Id yang didaftarkan pada APS juga 1 (satu). Bila karyawan menggunakan 2 mesin absen , maka centang mesin mana saja yang dipakai oleh karyawan tersebut kemudian masukkan User Id sesuai dengan Id yang terdapat pada masing-masing mesin absen. Contoh : Bila seorang karyawan menggunakan 2 mesin absen dengan mesin absen pertama bernama “Mesin Baru” dan “Mesin Lama” pada Mesin Baru karyawan tersebut terdaftar dengan User Id “7” sedangkan pada Mesin Lama karyawan tersebut terdaftar dengan User Id “2”. Maka isi data sesuai gambar di bawah.
 

8.Klik tab Jadwal Kerja untuk mengatur jadwal kerja karyawan, tentukan “Perhitungan Lembur Datang”, “Perhitungan Lembur Pulang” dan “Perhitungan Kerja Saat Libur”. Tentukan Group Jadwal dengan cara mengklik kolom yang telah disediakan, kemudian pilih salah satu jadwal kerjanya serta tentukan tanggal mulai berlakunya.
 

 
9. Setelah semua data-data diisi, klik tab Gaji dan Tunjangan, pada tab ini terdapat beberapa kolom gaji, seperti Gaji pokok yang disingkat menjadi GPO, Tunjangan (TNJ) dan lain-lain. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan mencentang kolom di sebelah kiri nama gaji, kemudian isikan jumlahnya, nilai pada jumlah hanya akan berfungsi jika pada Jenis Gaji terdapat rumus yang menggunakan =NilaiGaji(), karena NilaiGaji() mengambil nilai dari Jumlah pada Nama Gaji yang digunakan.
 

 
10. Klik tab Pendidikan untuk menambah pendidikannya. Tab refrence untuk menambahkan pengalaman kerja. Setelah semua data-data telah terisi, klik simpan jika ingin menyimpannya, jika ingin menambahkan karyawan baru tanpa harus menutupnya, klik lanjut.
11. Untuk melihat daftar karyawan yang telah dibuat, klik tab Karyawan>>Karyawan>>Data Karyawan.
12. Setelah daftar karyawan muncul, kemudian untuk mengedit data karyawan dapat dilakukan dengan cara double klik karyawan yang akan diubah datanya.