Kehadiran Karyawan

8.1.2 Kehadiran Karyawan
       Setelah kehadiran karyawan diproses, tahap selanjutnya adalah menampilkan kehadiran karyawan agar dapat mengetahui siapa saja karyawan yang tidak hadir. Berikut ini adalah cara menampilkan data kehadiran karyawan.
1. Klik menu Kehadiran>>Kehadiran Karyawan.

 
2. Berikut ini merupakan contoh gambar Kehadiran karyawan, dapat dilihat pada gambar kehadiran di bawah ini ada yang berwarna merah, merah muda, hijau muda, dan hijau masing-masing warna tersebut mewakili jenis absen, seperti hari libur, telat, absen, dan izin. Untuk masing-masing warna tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan, misalnya izin diwakili dengan warna hijau.

8.1.2.1 Menghapus Data Kehadiran
1. Centang data kehadiran mana saja yang ingin kita hapus atau bisa dengan mencentang pada kolom centangan paling atas untuk mencentang semua data, kemudian klik hapus. 
 

8.1.2.2 Mengatasi Masalah Bila Data Kehadiran Tidak Bisa Dihapus
1. Buka Data Penggajian kemudian cari Data Penggajian yang sudah memroses Kehadiran tersebut. Contoh: Kita ingin menghapus Data Kehadiran tanggal 02-April-2016 dengan nama karyawan “Andy”. 
 

 
2. Lihat Data Penggajian yang bersangkutan dengan Data Kehadiran yang ingin dihapus. Di sini terdapat Data Penggajian dengan nama karyawan “Andy” dan tanggal mulai dari 01-April-2016 sampai dengan 30-April-2016. Sudah pasti data kehadiran dengan nama karyawan “Andy” pada tanggal 02-April-2016 sudah diproses pada Data Penggajian tersebut. Maka hapuslah Data Penggajian tersebut.
3. Sesudah menghapus data penggajian, kemudian kembali ke kehadiran karyawan kemudian hapus data kehadiran yang tadi tidak bisa dihapus.

8.1.2.3 Mengedit Atau Mengubah Kehadiran
1. Klik dua kali pada data daftar kehadiran yang ingin kita ubah. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut. 
 

 
2. Kita dapat mengganti jam masuk, jam pulang, dan yang lainnya.
3. Kita juga dapat mengubah jadwalnya dengan klik pada jadwal kerja kemudian ganti jadwal kerjanya.

 
4. Untuk mengatur jadwal istirahat dengan cara klik pada Jam Istirahat kemudian ganti jam istirahatnya.