Proses Gaji

8.2 Proses Gaji
       Menu ini digunakan untuk melakukan proses penggajian kepada setiap karyawan. Pada proses ini akan dihitung dari kehadiran karyawan, berapa kali izin, absen, sakit, cuti, lembur, dan lain-lain. Dari hal-hal yang disebutkan tersebut, maka APS akan memroses penggajian karyawan langsung menjadi slip. Berikut merupakan langkah-langkah untuk proses gaji.
1. Klik menu Penggajian>>Daftar Gaji>>Hitung Gaji.
2. Pada tampilan Proses Gaji, masukkan tanggal awal dan tanggal akhir untuk proses gaji (biasanya adalah periode penggajian di perusahaan).
3. Kemudian Pilih kategori di mana kategori ini berfungsi untuk menentukan periode penggajian yang telah ditetapkan di perusahan, untuk kategori diisi dari kategori penggajian baru.
4. Kemudian pilih nama karyawan yang ingin diproses gajinya dengan cara klik tombol icon [...] (tiga titik atau yang berada di samping kanan tombol pilih).Atau Anda bisa juga klik tombol pilih dan akan muncul daftar karyawan di bawah tombol pilih.
5. Kemudian akan muncul halaman daftar karyawan, silakan pilih karyawan yang akan diproses gajinya. Untuk memroses semua karyawan dapat mencentang checkbox yang berada di sebelah tombol kiri.
6. Klik tab setting , kemudian pilih “Hitung semuanya”.
7. Kik OK untuk memrosesnya.
8. Untuk menampilkan daftar penggajian yang telah diproses, klik menu Penggajian>>Data Penggajian.

8.2.1 Setting Proses Penggajian
       Pada tampilan proses gaji, yaitu pada tab setting, terdapat beberapa proses gaji yaitu, Hitung Semuanya, Hanya Hitung Komponen Gaji, Hitung Semuanya Kecuali, Hanya Proses Pinjaman, dan yang terakhir adalah Custom. Jika menginginkan settingan default berada pada “Hitung Semuanya”, atau “Hanya Hitung Komponen Gaji”, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
1. Klik menu Setting>>Setting.
2. Setelah tampilan setting muncul, pada tab General, dapat dilihat di sebelah kanan bawah, terdapat teks Jenis Hitung Gaji, klik tombol yang di sebelah kanannya untuk memilih jenis hitung gaji yang diinginkan.
3. Buka kembali proses penggajian, kemudian klik tab setting, dapat dilihat perubahannya, di mana Jenis Hitung Gajinya secara otomatis dipilih sesusai dengan setting yang telah dibuat. 
4. Kemudian klik simpan.

8.2.2 Mengubah Setting Hitung Gaji Pada Saat Proses Gaji
1. Penggajian>>Daftar Gaji>>Hitung Gaji.
2. Pilih setting , di sana terdapat beberapa pilihan untuk proses gaji. Pilihlah sesuai dengan yang dikehendaki.
3. Hitung Semuanya : Untuk menghitung semua gaji.
 

 
4. Hanya Hitung Komponen Gaji : Hanya menghitung komponen gaji saja (yang terdapat pada jenis gaji saja).
 

 
5. Hitung semuanya kecuali :Memroses semua data penggajian kecuali yang dicentang.
 

 
6. Bila kita klik pada Komponen Gaji kemudian mencentang bonus maka tidak akan memroses gaji bonus.
 

 
7. Hanya Proses Pinjaman : hanya memroses semua pinjaman. 
 

 
8. Custom : Memroses sesuai keinginan yaitu dengan cara mencentang komponen mana saja yang ingin diproses.