Report Designer

11.1 Report Design
       Secara umum, report design digunakan untuk mengubah atau memperbaiki laporan yang telah disediakan APS. Meskipun begitu, report design juga bisa membuat laporan baru tetapi hal ini tidak disarankan karena perlu pengetahuan lebih lanjut tentang relasi antar tabel pada database. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengubah atau memperbaiki laporan.
1. Klik Report >> Report Design.
2. Setelah tampilan report design muncul, lihat pada toolbar yang disediakan lalu pilih open.
 

 
3. Pilih report yang akan diubah. Folder report default yang ada di APS biasanya berada di dalam folder APS tersebut. 
 
Pada contoh kali ini, digunakan report PayrollReport.repx di mana kita akan menghilangkan kolom NIK pada report tersebut.
4. Setelah report berhasil dibuka, maka akan muncul tab baru dengan nama PayrollReport. Di tab ini lah kita akan bekerja.
 
5. Untuk menghilangkan NIK dari PayrollReport, cukup klik kanan pada kolom NIK dan pilih “delete”. Lakukan hal ini juga pada kolom PayrollInherit.EmployeeID yang berada tepat di bawah kolom NIK.
 



 
6. Setelah kedua kolom tersebut berhasil dihapus. Perbaiki design report seperti pada gambar berikut. 
7. Setelah itu pilih “Save All” pada toolbar. Tempatkan file ke dalam folder report sebelumnya dengan nama yang sama yaitu PayrollReport.repx. Klik Save. Gambar 11.6 Tampilan Menu Save Report.
 



 
8. Setelah tersimpan, maka kita perlu melakukan pengecekan apakah report sudah sesuai atau belum. Untuk melakukan pengecekan, buka Report > Daftar Report. Lalu pada tab, pilih penggajian dan cari laporan nomor 14 yaitu Laporan Penggajian. 
 
9 Klik dua kali pada laporan penggajian, maka akan muncul filter editor. Untuk filter editor akan dijelaskan di bab berikutnya. Untuk sementara buat filter editor seperti pada gambar berikut. 



 
10. Klik Preview dan akan muncul report yang sudah kita ubah seperti pada gambar berikut.