Cara Mencatat Piutang Karyawan (Kasbon) Dengan Aplikasi

Cara mencatat piutang karyawanPiutang karyawan adalah fasilitas yang diberikan perusahaan untuk memudahkan karyawannya. Cara mencatat piutang karyawan merupakan hal yang wajib diketahui oleh payroll staff sebuah perusahaan.

Pembayaran biasanya dilakukan pada akhir bulan yang dipotong dari gaji. Beberapa perusahaan juga bahkan ada yang memberikan fasilitas untuk mencicil utang karyawannya.

Penyebab Karyawan Berhutang pada Perusahaan

Pihak perusahaan tentu tidak boleh asal memberikan piutang kepada karyawannya. Piutang karyawan biasanya muncul ketika perusahaan memberikan pinjaman kepada para karyawannya untuk keperluan-keperluan seperti:

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan biasanya memang terbilang mahal untuk di zaman ini. Pengajuan kasbon untuk keperluan pendidikan tentunya hal yang masih diterima.

Biaya Pernikahan

Biaya untuk menikah tentu tidaklah murah. Katakanlah seperti biaya resepsi mulai dari tenda, gedung, katering, dan dekorasi. Jika karyawan mengajukan kasbon untuk keperluan biaya pernikahan, ini juga masih diterima.

Akan tetapi pihak perusahaan juga perlu mempertimbangkan kesanggupan bayar dari karyawan yang bersangkutan. Jangan sampai piutang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk karyawannya terlalu tinggi sehingga gaji karyawan tersebut tidak bisa menutupi utang tersebut.

Biaya Persalinan

Untuk persalinan normal, mungkin biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar. Berbeda dengan biaya persalinan caesar yang membutuhkan biaya hingga belasan juta. Perusahaan tentu harus mempertimbangkan jika karyawannya terdesak karena memikirkan biaya persalinan, karena ini menyangkut nyawa.

Biaya Pengobatan

Pengobatan juga biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mungkin hal ini sudah tercover oleh BPJS, akan tetapi jika biaya pengobatan untuk anggota keluarga yang tidak tercover oleh BPJS maka perusahaan juga perlu untuk mempertimbangkan pengajuan utang.

Membeli Barang yang Menunjang Pekerjaan

Katakanlah seperti laptop, kendaraan, tempat tinggal dan lain-lain. Namun sekali lagi, perusahaan perlu menimbang nominal piutang yang diberikan dengan kesanggupan bayar karyawan.

Baca Juga:

Manfaat Memberikan Kasbon Kepada Karyawan

Ada pun manfaat yang didapat jika perusahaan memberikan kasbon kepada karyawannya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan produktivitas karyawan

Produktivitas karyawan bisa menurun jika masalah-masalahnya terbawa ke dalam pekerjaan. Dengan memberikan bantuan berupa kasbon kepada karyawan, tentu ini akan membantu karyawan tersebut.

Memberikan kasbon kepada karyawan juga akan merangsang karyawan untuk bekerja lebih giat akibat ia ingin menunjukkan rasa terima kasihnya.

Meningkatkan loyalitas karyawan

Karyawan yang menerima banyak fasilitas dari perusahaan tentu akan betah untuk bekerja. Hal ini tentu akan menghemat biaya di divisi HR untuk merekrut karyawan baru.

Cara Mencatat Piutang Karyawan

Biasanya karyawan yang akan mengajukan kasbon ke perusahaan akan melewati proses-proses sebagai berikut:

  1. Karyawan datang ke koperasi perusahaan
  2. Kemudian mengisi form pinjaman yang sudah disediakan
  3. Meminta tanda tangan kepada atasan
  4. Setelah selesai, karyawan yang bersangkutan akan kembali ke koperasi perusahaan untuk persetujuan.
  5. Kemudian kasbon akan ditransfer ke rekening karyawan.

Cara Mencatat Piutang Karyawan dengan Aplikasi OnTime Payroll

Untuk koperasi perusahaan atau pihak terkait yang masih menggunakan cara manual yang tentu tidak efisien. Karyawan harus repot-repot menulis formulir di kertas, kemudian meminta tanda tangan atasan, kemudian menunggu, dan masih banyak keterbatasannya.

Nah dengan menggunakan Aplikasi Ontime Payroll, pihak karyawan dan pihak perusahaan akan sama-sama diuntungkan.

Dimana semua proses pencatatan, persetujuan, dan pencairan kasbon dilakukan secara otomatis.


About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top