Perbandingan Software HR Berbasis Cloud dengan On Premise

Seiring berkembangnya sebuah perusahaan maka jumlah karyawan pada perusahaan tersebut juga akan terus meningkat. Pada suatu saat jumlah karyawan akan melewati batas kemampuan HR perusahaan itu untuk memanajemen secara manual sehingga perusahaan pasti akan mencoba mengimplementasikan software HR ke dalam sistem mereka. Terdapat dua pilihan yang dapat perusahaan ambil, yang pertama adalah mengembangkan software HR sendiri/in-house, sistem ini merupakan pilihan yang lazim diambil oleh perusahaan yang mau menjaga rahasia dalam perusahaan itu sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga. Pilihan kedua adalah menggunakan infrastruktur perusahaan lain dengan membayar biaya lisensi penggunakan aplikasi tersebut.

Perbedaan Cloud dan On-Premise

Nah, jadi apa hubungannya dengan istilah cloud dan on-premise? Software yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan biasa akan berbasis on-premise dan hanya bisa diakses menggunakan peralatan dan sistem perusahaan itu sendiri. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya kebocoran data karena perusahaan tidak mengerti tentang standar keamanan layanan. Biaya dari menggunakan sistem sendiri juga akan lebih besar dari biaya konsumsi daya listrik untuk server, perawatan/maintenance alat maupun biaya pengembangan aplikasi dari awal.

Berbeda dengan aplikasi berbasis cloud yang disediakan oleh pihak ketiga, seluruh biaya perawatan, pengembangan dan daya telah ditanggung oleh pihak perusahaan ketiga. Keamanan juga lebih terjaga dan aplikasi-aplikasi ini telah melewati masa riset yang panjang untuk menyesuaikan kebutuhan ke berbagai perusahaan. Dengan menggunakan software HR berbasis cloud perusahaan tidak perlu lagi membuat tim IT khusus untuk mengembangkan dan merawat software HR ini. Untuk integrasi software cloud ke perusahaan juga hanya memerlukan waktu 4 sampai 6 minggu.

Software HR OnTime Payroll

Apabila kamu tertarik untuk mencoba layanan software HR berbasis cloud, OnTime Payroll merupakan jawabannya. Seluruh masalah HR yang kamu temui akan dapat diatasi dengan mengguakan OnTime Payroll. Jika kamu tertarik kamu dapat mencoba OnTime Payroll secara gratis hanya dengan klik tombol daftar diatas.

Apakah kamu sudah mengerti tentang konsep dan perbedaan antara cloud dan on-premise? Pelajari lebih banyak lagi wawasan seputar dunia HR di OnTime Payroll.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top