Recruiter Adalah: Gaji, Skill, Tugas dan Tanggung Jawab

recruiter adalahRecruiter adalah peran sentral dalam proses rekrutmen dan menarik karyawan baru untuk perusahaan, karena mereka bertanggung jawab atas tugas-tugas seperti meninjau CV kandidat, negosiasi gaji, dan berbagai tugas lainnya.

Seorang recruiter bertanggung jawab untuk mencocokkan kandidat yang memenuhi syarat dengan lowongan pekerjaan di suatu perusahaan. Pada artikel ini kami akan membahas tentang apa itu recruiter, syarat, tugas dan tanggung jawabnya.

Recruiter Adalah

Dikutip dari Coursera, recruiter adalah seorang profesional yang bekerja untuk mencocokkan kandidat yang memenuhi syarat dengan lowongan pekerjaan di suatu perusahaan.

Baca Juga: HR Specialist Adalah: Gaji, Skill, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Gaji Recruiter di Indonesia

Recruiter merupakan posisi yang akan selalu diperlukan di berbagai sektor Industri. Karena permintaannya yang banyak, peran ini cukup dihargai di Indonesia.

Seperti dikutip dari laman Indeed.com, rata-rata gaji Recruiter di Indonesia adalah Rp 5.702.081 per bulan.

Skill yang Dibutuhkan Recruiter

Berikut ini adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang Recruiter:

1. Wawancara

Keterampilan wawancara sangat penting karena recruiter sering melakukan wawancara jarak jauh dan wawancara langsung dengan calon karyawan untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Negosiasi

Keterampilan bernegosiasi penting karena perekrut harus mampu bekerja dengan manajer perekrutan dan calon kandidat untuk mendapatkan gaji, jabatan, dan tanggung jawab pekerjaan yang adil.

3. Mempengaruhi

Keterampilan persuasif diperlukan bagi recruiter untuk meyakinkan kandidat agar mempertimbangkan lowongan atau tawaran. Seorang perekrut sering kali harus membujuk manajer perekrutan untuk mewawancarai kandidat potensial untuk sebuah lowongan pekerjaan juga.

4. Pemahaman tentang Human Resource

Pengetahuan sumber daya manusia mencakup cakupan luas keterampilan yang berharga, seperti mengetahui cara mengelola, menerima, dan memberi insentif kepada karyawan, serta memberikan penilaian kinerja.

Tugas dan Tanggung Jawab Recruiter

Setelah mengetahui apa itu recruiter dan skill yang dibutuhkan, berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab recruiter di suatu perusahaan:

  1. Menulis dan memposting lowongan pekerjaan
  2. Menemukan dan menghubungi calon pekerja potensial
  3. Pra-penyaringan calon pekerja
  4. Mempresentasikan kandidat kepada pemberi kerja atau manajer perekrutan
  5. Menyiapkan wawancara antara kandidat dan pemberi kerja
  6. Menegosiasikan gaji, tanggung jawab, dan jabatan

Sekian pembahasan dari programgaji.com tentang apa itu recruiter. Semoga artikel ini dapat memberi wawasan tambahan buat kamu ya.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top