Ayo Cek Sekarang! Berikut Kisaran Gaji Posisi HRD Terkini 2024

Gaji posisi HRD terkini sering dipertanyakan di dalam dunia kerja saat ini karena pentingnya posisi tersebut pada sebuah perusahaan.

Human Resource Development, atau yang sering kita tau dengan sebutan HRD merupakan posisi yang bertugas dalam mengatur siklus sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan.

HRD  akan berinteraksi secara langsung dalam proses penerimaan karyawan, pelatihan karyawan, hingga pengembangan karir dari setiap karyawan.

Oleh karena itu, HRD bisa dikatakan sebagai salah satu pilar utama dalam mensejahterakan sumber daya manusia di perusahaan.

Tidak hanya sumber daya manusia, setiap HRD juga harus bisa mengelola sumber daya lainnya seperti barang, uang, dan informasi juga loh.

Dari sekian banyak tugas HRD, kira-kira berapa ya gaji yang diperoleh oleh seorang HRD di tahun 2024? Jika kamu penasaran, ayo cek jumlah gaji HRD serta penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Human Resource Management (HRM): Pengertian, Teori, Fungsi

Jumlah Kisaran Gaji Posisi HRD Terkini

jumlah gaji hrd

Berdasarkan ruang lingkup karir HRD saat ini, gaji yang bisa diperoleh HRD biasanya menyesuaikan dengan jenis posisi dari pekerjaan yang ada pada setiap perusahaan.

Di Indonesia, terdapat 3 tingkatan umum dalam menentukan jumlah gaji dari setiap posisi HRD. Berikut 3 (tiga) tingkatan umum posisi HRD serta jumlah gajinya.

1. Gaji HRD Level Staff

HRD dengan level staff adalah orang-orang yang hanya memiliki pengalaman kerja dibawah 3 (tiga) tahun di bidang HRD  atau sejenisnya.

Pada level staff ini, pekerjaan utama yang dilakukan hanya berupa pembantu dalam berbagai pekerjaan pengembangan sumber daya perusahan.

Gaji yang diperoleh dari posisi HRD level staff ini berkisaran sekitar UMR – Rp8.000.000 perbulan.

2. Gaji HRD Level Supervisor

HRD dengan level supervisor biasanya sudah memiliki pengalaman sekitar 3-4 tahun di posisi yang sama. Serta sudah berpengalaman dalam berbagai jenis pekerjaan pokok HRD.

Pada posisi ini, HRD supervisor akan memiliki beberapa rekan kerja dibawahnya untuk membantu mereka bekerja. Mereka bisa dikatakan sebagai kepala dari pelaksana program pengembangan sumber daya yang ada di perusahaan.

Gaji yang diperoleh dari posisi HRD level supervisor ini berkisaran sekitar Rp6.000.000 – Rp12.000.000 perbulan.

3. Gaji HRD Level Manager

HRD level manager adalah posisi HRD yang sudah mengatur berbagai macam hal penting yang ada di lingkungan perusahan. Biasanya level manager akan terbagi menjadi top, middle, dan lower level dengan bentuk kerja yang berbeda-beda.

Setiap manager HRD dapat mengusulkan atau merancang program manajemen strategis dari SDM yang ada di perusahaan.

Gaji yang diperoleh dari posisi HRD level Manager ini berkisaran sekitar Rp8.000.000 – Rp20.000.000 perbulan, atau bahkan lebih dari itu.

Baca Juga : Apa Itu Psikotes? Manfaat, Tujuan, Jenisnya dan Contoh Soal

Setiap gaji yang diterima pada setiap posisi tentu akan menyesuaikan kondisi perusahaan dan lingkungan tempat kerja.

Perusahaan dengan ukuran kecil atau lingkungan dengan tingkat ekonomi yang rendah, tentu akan memberikan gaji yang cukup sesuai dengan kebutuhan mereka dan karyawan.

Begitu juga dengan perusahaan besar atau lingkungan yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Perusahaan akan menyesuaikan jumlah gaji yang diberikan dengan jumlah pekerjaan yang dilakukan dan kondisi ekonomi sekitar.

Tips Diterima Pada Posisi HRD Terkini

tips jadi HRD

Jika kamu memiliki keinginan untuk menempuh karir di bidang HRD, maka kamu harus mulai mempersiapkan pengalaman yang cukup relevan dengan posisi tersebut.

Proses penerimaan HRD bagi yang tidak berpengalaman biasanya akan menyesuaikan dengan jurusan yang memang sudah mempelajar hal dasar tentang HRD.

Beberapa jurusan yang memang cocok untuk seorang HRD adalah jurusan yang mempelajari tentang sumber daya seperti psikologi, hukum, ekonomi, bisnis, administrasi, hingga komunikasi.

Namun, untuk menjadi seorang HRD tidak hanya dilihat dari asal jurusan saja. Setiap perusahaan tentu memiliki beberapa kriteria khusus yang mungkin menjadi point penting dalam proses penerimaan HRD di tempatnya.

Tips jadi hrd

Apabila jurusanmu tidak sesuai, kamu bisa coba dengan memperbanyak pengalaman non-akademik seperti organisasi atau magang.

Mengikuti pelatihan yang berjenis pengelolaan sumber daya juga bisa membantumu untuk memperoleh nilai plus dalam proses penerimaan HRD di sebuah perusahaan.

Pastikan kamu memiliki pengalaman di dunia pengembangan sumber daya, administrasi, dan keuangan. Tiga pengalaman tersebut sangat diperlukan di ruang lingkup HRD.

Baca Juga : Perbedaan Recruiter dan Sourcer yang Wajib Kamu Ketahui

Itulah beberapa informasi seputar gaji yang diperoleh dalam posisi HRD di tahun 2024.

Menjadi seorang HRD tentu akan menghadapi berbagai jenis pekerjaan yang terhubung langsung dengan sumber daya manusia secara langsung.

Hal ini tentu akan membutuhkan energi sosial yang cukup tinggi. Serta ketelitian yang cukup kuat.

Maka dari itu, HRD merupakan profesi yang sering dicari sebagai pondasi utama dari bisnis setiap perusahaan yang ada.

Namun, saat ini sudah terdapat teknologi pembantu HRD yang bisa digunakan untuk mengatur sumber daya perusahaan.

OnTime Payroll (OTP) hadir untuk membantu HRD menjalani pekerjaan pengembangan sumber daya perusahaan.

Mau tau apa saja fitur pembantu yang disediakan OTP? Ayo klik disini

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top