HRIS Staff Adalah: Gaji, Skill, Tugas dan Tanggung Jawabnya

hris staff adalahHRIS Staff salah satu posisi penting dalam struktur organisasi HRD pada suatu perusahaan. Mungkin ini merupakan posisi baru di banyak perusahaan karena mau tak mau semua lini kehidupan akan ketergantungan pada teknologi termasuk penggunaan teknologi HRIS.

Human Resource Information System (HRIS) adalah teknologi berupa software yang dibuat untuk membantu perusahaan dalam mengelola berbagai aspek terkait dengan manajemen sumber daya manusia yang dimilikinya.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang apa itu HRIS Staff beserta informasi terkait.

HRIS Staff Adalah

HRIS Staff adalah anggota tim HR yang bertanggung jawab dalam proses HR dan rekrutmen, namun memiliki kemampuan teknis yang tinggi dalam memelihara HRIS.

Posisi HRIS Staff biasanya berhubungan langsung dengan divisi Teknologi Informasi (IT).

Gaji HRIS Staff di Indonesia

Karena kemajuan teknologi yang pesat, beberapa perusahaan sudah menambahkan lebih banyak teknologi ke dalam tim mereka termasuk HRIS. Hal inilah yang membuat HRIS Staff akan semakin banyak dibutuhkan di masa mendatang.

Seperti dilansir dari laman Rencanamu.id, rata-ratta gaji HRIS Staff di Indonesia adalah Rp. 4 juta s.d. Rp. 6 juta per bulan. Tentunya gaji ini bisa dapat bervariasi di setiap perusahaan.

Skill yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang HRIS Staff:

  1. Penguasaan HRIS (Ex: OnTime Payroll)
  2. System Administration Skill
  3. System Implementation Skill
  4. Training skill
  5. Dokumentasi
  6. Dukungan
  7. Penyelesaian masalah
  8. Pelaporan
  9. Analisis data
  10. Peningkatan proses
  11. Manajemen Perubahan
  12. Manajemen proyek

Tugas dan Tanggung Jawab HRIS Staff

Berikut ini adalah contoh tugas dan tanggung jawab HRIS Staff:

  1. Mengelola dan memelihara data karyawan, termasuk informasi pribadi, riwayat pekerjaan, catatan pelatihan, dan detail lainnya dengan menggunakan software HRIS.
  2. Bertanggung jawab atas penghitungan gaji, pemotongan pajak, dan pemrosesan upah karyawan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan peraturan yang berlaku.
  3. Membuat laporan dan menganalisis data HR untuk memberikan wawasan kepada manajemen dalam pengambilan keputusan strategis.
  4. Melakukan pengembangan, pemeliharaan, dan peningkatan terhadap sistem HRIS yang digunakan oleh perusahaan.
  5. Memberikan bantuan dan dukungan teknis kepada user HRIS (karyawan) dalam penggunaan sistem, menjawab pertanyaan, dan memecahkan masalah teknis.
  6. Mengelola permintaan perbaikan proses dari berbagai departemen dalam perusahaan dan berusaha meningkatkan efisiensi proses yang ada.
  7. Memberikan pelatihan kepada anggota tim HRIS untuk mengembangkan kemampuan mereka dan memastikan penggunaan yang efektif dari sistem HRIS.
  8. Mendokumentasikan persyaratan untuk perbaikan proses, pembaruan sistem, pengembangan perangkat lunak baru, dan inisiatif strategis.
  9. Memastikan bahwa aplikasi HRIS terintegrasi dengan infrastruktur TI yang ada dan yang telah direncanakan.
  10. Memberikan dukungan menyeluruh terhadap sistem HRIS, termasuk analisis kebutuhan, penelitian, desain, pengujian, pengelolaan mutu, pelatihan pengguna akhir, dan administrasi aplikasi dan alat desktop HRIS.
  11. Bekerja sama dengan tim lain dalam menentukan prioritas pekerjaan dan membangun hubungan yang kuat dengan departemen TI untuk memastikan pengelolaan yang efisien serta memberikan nilai yang optimal kepada pengguna akhir.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari programgaji.com tentang apa itu HRIS staff dan beberapa informasi terkait lainnya.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top