5 Persiapan Pindah Karir Baru Yang Harus Diketahui Para Pekerja

Pernahkah kamu berpikir untuk pindah ke karir baru disaat pekerjaanmu sekarang terasa sangat tidak cocok denganmu?

Ternyata, hampir setengah dari banyaknya orang yang memulai pada suatu karir ingin melakukan perpindahan karir karena tidak cocok dengan pekerjaannya.

Penyebab dari keinginan berpindah karir sendiri cukup beragam. Namun kebanyakan orang ingin berpindah karir karena alasan minat, bakat, ekonomi, hingga kebutuhan posisi yang cukup besar di dunia kerja.

Untuk kamu yang ingin berpindah karir, programgaji.com akan menjelaskan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengganti karir, serta tips yang bisa dilakukan dalam mencari karir baru.

Ayo simak beberapa persiapan dan tips mencari karir baru berikut agar kamu tidak salah dalam mengambil tindakan!!

Baca Juga : Simak!! 6 Tips ini Harus Kamu Lakukan Saat Hari Pertama Kerja

5 Persiapan Sebelum Pindah Karir Baru

persiapan karir baru

Biasanya, perpindahan karir merupakan pilihan terakhir seseorang karena ketidak sanggupan mereka dalam melakukan tugas di pekerjaan yang saat ini mereka jalani.

Banyak orang yang memulai karir pertama mereka tanpa berpikir terlalu panjang terhadap jenjang pekerjaan yang akan mereka dapatkan di suatu posisi tertentu.

Hal ini karena pekerjaan pertama adalah pekerjaan yang dinantikan oleh banyak orang. Sehingga proses seleksi dari setiap orang tidak terlalu kuat akan posisi yang mereka terima.

Maka dari itu, proses ingin berpindah karir sering dipikirkan oleh banyak orang setelah menjalani kegiatan selama beberapa periode di tempat mereka bekerja.

Saat ingin berpindah karir, seseorang pasti harus mulai mempersiapkan diri untuk mencari karir baru yang sesuai dengan rencana mereka.

Persiapan ini dilakukan untuk memaksimalkan keputusan dan melancarkan jalan dari proses perpindahan karir yang direncanakan.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut 5 persiapan yang harus diperhatikan sebelum mulai berpindah karir!!

Mantapkan Hati dan Pikiran Diri

Sebelum benar-benar mulai merencanakan perpindahan karir, pastikan terlebih dahulu bahwa pilihan yang kamu lakukan sudah matang.

Proses perpindahan karir tentu akan memakan waktu yang mungkin cukup lama jika kamu berencana mencari profesi yang berbeda dari posisi sekarang kamu bekerja.

Selain makan waktu, akan ada beberapa tantang baru dari perubahan sistem kerja yang mungkin akan kamu rasakan jika kegiatan pindah karir sudah kamu lakukan.

Mungkin kamu akan mendapatkan banyak beban baik dalam pikiran dan tenaga untuk beradaptasi dengan pekerjaan barumu.

Tapi, jika itu adalah tujuan karir masa depanmu. Maka segala rencana harus dimaksimalkan, dan kamu harus siap untuk menerima resiko terberat kedepannya.

Tentukan Tujuan Karir Baru

Apabila keputusanmu sudah bulat dalam berpindah karir. Maka langkah selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah tujuan karir di masa depanmu.

Saat ini, profesi kerja sudah sangat banyak variasi dan kebutuhannya karena perkembangan digital yang sudah semakin maju.

Penentuan rencana profesi tentu harus kamu atur sebaik mungkin agar kamu bisa meningkatkan kualitas dirimu di masa depan.

Lihat kembali berbagai profesi yang mungkin kamu minati, cek bentuk kualifikasi kerja, dan perhitungkan apakah pekerjaan ini akan berkembang di beberapa tahun kedepan.

Jangan asal memilih karir untuk kedua kalinya. Pastikan perpindahan karir saat ini adalah perpindahan karir terakhirmu.

Bandingkan Karir Dengan Kemampuan Diri

Selain menentukan profesi karir yang mungkin bisa meningkat seiring berjalannya waktu. Hal lain yang paling utama yang harus kamu lihat adalah kemampuan dirimu pada bidang karir tersebut.

Pindah karir dalam dunia kerja berarti merubah kebiasaan hidup. Setiap orang harus mampu menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan pekerjaan yang mereka pilih. Sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Selalu perhatikan kemampuan dirimu sebelum mulai berganti karir agar kamu tidak terlalu stres dalam beradaptasi kedepannya.

Melihat kemampuan diri juga bisa membuat waktumu tidak terbuang percuma hanya untuk mencari pekerjaan baru.

Hal ini karena setiap profesi pasti memiliki kualifikasi dalam proses penerimaannya. Jika kamu terlalu memaksakan kemampuanmu, maka mungkin akan sulit untuk masuk ke dalam profesi tersebut.

Ikut Berbagai Pelatihan Karir

Mencari pekerjaan baru tentu akan membutuhkan skill yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Salah satu persiapan yang harus selalu kamu gali dalam proses perpindahan karir adalah peningkatan skill yang dibutuhkan dalam profesi yang kamu targetkan.

Persiapan skill dapat kamu tingkatkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan khusus yang mungkin disediakan oleh beberapa tempat di luar sana.

Saat ini, informasi kegiatan pelatihan tentang berbagai macam profesi bisa kamu dapatkan di setiap platform sosial media atau website.

Cobalah untuk mencari pelatihan yang cocok untuk karirmu, dan usahakan sebaik mungkin kesempatanmu dalam mencapai karir impianmu.

Maksimalkan Pengalaman Karir

Setelah yakin bahwa kamu mempunyai skill yang dibutuhkan dalam karir impianmu. Maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan pengalaman karirmu.

Ingat, berpindah karir berarti merubah kondisi kehidupan. Kamu tentu akan memulai semua kembali dari awal.

Untuk mendapatkan pengalaman karir yang sesuai profesi tujuan, kamu bisa mulai dengan mengikuti kegiatan magang atau volunteer yang sesuai dengan kualifikasi kerja profesi tersebut.

Jangan berharap lebih akan pengalaman awal pada karir barumu. Mungkin gaji yang kamu terima akan lebih sedikit di awal kamu memulai karir baru.

Namun, hal tersebut akan terus berkembang seiring banyaknya pengalaman yang kamu dapat di bidang karir tujuanmu.

Baca Juga : Ayo Cek Sekarang! Berikut Kisaran Gaji Posisi HRD Terkini 2024

5 Tips Memilih Karir Baru

memilih pindah karir

Saat memilih profesi baru, tentu terdapat banyak pertimbangan terhadap tujuan dan rencana masa depan pada karir tersebut.

Banyak orang semakin bingung menentukan karir baru mereka setelah tau bahwa semua karir memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih karir baru saat ini, ayo simak beberapa tips dibawah ini sebagai bahan pertimbangan karir baru yang bisa kamu coba.

Berikut 5 tips memilih karir buat kamu yang mau pindah ke karir baru!!

Cari Karir Baru Yang Stabil Di Dunia Kerja

Karir yang stabil adalah karir yang akan selalu dibutuhkan di setiap masa. Biasanya karir seperti ini akan selalu ada meskipun perkembangan zaman semakin kuat.

Proses mencari karir yang stabil mungkin akan sedikit rumit, ditambah apabila kamu tidak terlalu tertarik pada bidang yang ada dalam karir tersebut.

Namun meskipun begitu, pertimbangan tentang karir yang stabil juga harus ada dalam proses perpidahan karir barumu. Contoh dari karir yang stabil sendiri adalah karir yang pendapatannya selalu sama dan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Perkirakan Jumlah Lapangan Kerja Karir

Selain karir yang stabil, jumlah lapangan kerja pada sebuah karir juga harus diperhatikan sebaik mungkin saat mencari profesi baru.

Saat ini, perkembangan digital menghasilkan berbagai macam jenis karir yang sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek pekerjaan.

Dari banyaknya karir baru yang mungkin ingin kamu coba, pastikan karir yang kamu pilih masih banyak dibutuhkan dalam jangka waktu yang panjang.

Lihat Tingkat Eksplorasi Di Dalam Karir

Karir yang baik adalah karir yang membantumu berkembang dalam dunia kerja. Jika ingin berpindah karir, maka cari tau bagaimana tingkat eskplorasi yang bisa kamu lakukan pada karir tersebut.

Karir yang memberikan kesempatan eksplorasi pada seseorang akan meningkatkan kreatifitas seseorang dalam menyelesaikan permasalahan.

Hal ini tentu akan membuat skill kamu semakin kuat di dalam dunia kerja.  Lakukan eksplorasi dan kolaborasi sebanyak mungkin sehingga skill kamu semakin dicari dalam dunia kerja.

Pilih Karir Yang Mendekati Kemampuan

Pemilihan karir baru terkadang juga akan sulit jika berbanding terbalik dengan kemampuan yang sudah ada pada diri sendiri.

Biasanya, seseorang yang berpindah karir tidak akan mengambil resiko terlalu jauh dengan memulai karir yang bahkan tidak diketahui apa tugasnya.

Pemilihan karir yang baik adalah memilih karir yang paling mendekati kemampuanmu, sehingga kedepannya kamu akan mudah beradaptasi saat menjalani berbagai aktivitas pekerjaan barumu.

Pastikan Karir Legal Di Mata Hukum

Hal yang paling penting dalam pindah ke karir baru adalah legalitas karir yang sedang kamu rencanakan.

Pastikan profesi karir yang ingin kamu coba adalah karir yang legal dimata hukum. Jangan pernah mencoba untuk melakukan hal-hal ilegal saat perpindahan karir.

Selalu ingat bahwa karir yang ilegal adalah permulaan dari hancurnya kehidupan dan masa depan setiap orang.

Baca Juga : Salary Adalah : Pahami Komponen, Jenis, dan Faktor Dari Salary

Itulah 5 persiapan pindah karir dan tips mencari karir baru yang bisa kamu coba. Sebelum merencanakan berbagai perubahan besar, pastikan dirimu sudah mempersiapkan hal-hal kecil terlebih dahulu.

Jika karirmu saat ini terasa tidak ada perkembangan dan masa depan, maka persiapan dan tips diatas bisa membantumu untuk pemahaman dasar mencari karir baru.

Setiap karir pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka dari itu, selalu bijak dalam menentukan karir untuk masa depanmu.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top