Apa Pengertian Salary? Pahami Komponen, Jenis, dan Faktornya

Apa pengertian salary? Salary adalah istilah bahasa inggris yang berarti gaji atau bayaran jasa yang diberikan kepada para pekerja.

Berbeda dengan upah yang diberikan langsung setelah selesai bekerja.  Jumlah serta jangka waktu penerimaan salary biasanya menyesuaikan kesepakatan kontrak kerja yang telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Dalam bisnis, pemahaman terhadap salary sangat penting karena akan menyangkut kinerja dari setiap karyawan kerja.

Maka dari itu, penjelasan tentang komponen, jenis, serta faktor yang bisa mempengaruhi salary menjadi pemahaman dasar agar bisa meningkatkan kualitas dari sebuah bisnis tertentu.

Apa kamu pernah tau pengertian dari tiga hal dasar salary tersebut?

Kali ini kita akan cari tau lebih dalam pengertian salary berdasarkan komponen, jenis, serta faktor yang dapat menentukan bentuk salary. Ayo simak penjelasannya di bawah ini!!

Baca Juga : Perbedaan UMP dan UMK, Istilah UMR Sudah Tidak Digunakan!

Pengertian Komponen Dari Sebuah Salary

arti dari komponen salary

Ada yang tau apa pengertian salary berdasarkan komponennya?

Pemberian salary biasanya tidak hanya berasal dari slip gaji yang diterima setiap periode gajian saja. Ada beberapa komponen pendukung yang sering menjadi dana tambahan atau pengurangan bagi para pekerja.

Pengertian salary berdasarkan komponen sendiri adalah jumlah perhitungan dana yang akan diberikan untuk karyawan dan diatur oleh perusahaan berdasarkan beberapa faktor yang ada dalam pekerjaan.

Komponen salary biasanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu komponen salary langsung dan tidak langsung. Berikut adalah penjelasan dari pembagian dua komponen tersebut.

Pengertian Komponen Salary Langsung

Pengertian dari komponen salary langsung adalah dana yang diberikan langsung sesuai dengan jadwal atau periode tertentu.

Apa saja salary yang masuk ke dalam komponen langsung?

Biasanya pengertian salary dari komponen langsung ini dapat dipahami pada saat penawaran kontrak kerja karyawan. Salary yang masuk ke dalam komponen langsung ini antara lain:

Gaji pokok : Gaji pokok memiliki pengertian sebagai pembayaran hasil tenaga kerja secara berkala yang sesuai dengan kinerja dan kontrak kerja.

Tunjangan : Tunjangan adalah pemberian dana atau fasilitas pendukung untuk bekerja seperti transportasi, tempat tinggal, konsumsi, atau perlengkapan kerja.

Potongan : Potongan merupakan potongan yang dilakukan untuk persiapan dana tunjangan lain seperti BPJS Ketenagakerjaan, PPh 21.

Pengertian Komponen Salary Tidak Langsung

Pengertian dari komponen salary tidak langsung adalah dana yang dipersiapkan untuk pekerja, namun tidak dibayar secara berkala.

Apa saja yang masuk ke dalam komponen salary tidak langsung?

Pada dasarnya pengertian salary komponen tidak langsung menjelaskan seputar dana persiapan untuk kebutuhan khusus karyawan di masa depan.

Terdapat beberapa bentuk salary yang termasuk kedalam komponen tidak langsung ini antara lain:

Tunjangan Kesehatan : Tunjangan kesehatan berarti biaya perlindungan kesehatan apabila suatu saat karyawan atau keluarga mengalami sakit dan perawatan khusus.

Dana Pensiun : Dana pensiun memiliki arti sebagai dana pertolongan yang disiapkan oleh karyawan dan perusahaan untuk masa depan karyawan.

Pesangon : Pesangon adalah pembayaran sekali waktu untuk karyawan yang telah berdedikasi untuk perusahaan selama periode tertentu.

Bonus : Bonus mempunyai arti sebagai pembayaran tambahan untuk karyawan karena kinerja yang bagus.

Saham : Saham disini memiliki arti memberikan kesempatan pembelian saham dengan harga murah untuk karyawan.

Baca Juga : 9 Jenis Potongan Gaji Karyawan di Perusahaan dan Aturannya

Jenis-Jenis Dari Salary

apa jenis salary

Siapa yang sudah tau apa pengertian salary berdasarkan jenisnya?

Selain komponen salary, jenis dari salary juga perlu untuk diketahui agar tidak salah dalam menentukan salary pada karyawan.

Memahami pengertian salary berdasarkan jenisnya akan membantu seseorang untuk lebih mengerti besaran gaji yang cocok pada sebuah jabatan di pekerjaan.

Terdapat beberapa jenis salary yang mungkin akan sering kita dengar dalam dunia kerja. Berikut merupakan jenis-jenis dari setiap salary yang ada di dunia kerja:

Basic Salary : Basic salary adalah gaji yang dibayar dengan ketetapan jumlah dan waktu yang sama di setiap periode penggajian. Basic salary biasanya akan menyesuaikan kontrak dari seorang karyawan.

Current Salary : Current salary adalah hitungan gaji yang sedang diperoleh seorang karyawan saat ini atau pekerjaan sebelumnya. Hitungan current salary biasanya sering digunakan sebagai patokan untuk salary di pekerjaan baru.

Expected Salary : Expected salary adalah jumlah gaji yang diharapkan oleh seorang karyawan pada perusahaan.  Jumlah nominal dari expected salary biasanya dilihat dari penawaran karyawan yang disesuaikan dengan pengalaman dan skill karyawan tersebut pada posisi tertentu.

Prorate Salary : Prorate salary adalah jumlah gaji proporsional yang diperoleh sesuai dengan perhitungan banyaknya waktu yang dihabiskan karyawan untuk bekerja. Prorate salary biasanya juga menyesuaikan aturan kontrak yang telah disepakati.

Annual Salary : Annual salary adalah jumlah gaji tahunan dari seorang karyawan. Perhitungan dari annual salary sendiri dimulai dari gaji bulanan dikalikan dua belas yang menunjukkan banyak bulan dalam satu tahun.

Gross Salary : Gross Salary adalah gaji yang diterima karyawan sebelum proses pemotongan pajak, tunjangan, atau hal lain sesuai dengan aturan perusahaan. Gross salary biasanya disebut gaji kotor dari hasil kerja seseorang.

Offering Salary : Offering salary adalah hasil gaji yang disepakati dalam proses penawaran penerimaan kerja antara perusahaan dan karyawan. Offering salary ini biasanya menjadi kesepakatan utama dari awal mula diterima kerja.

Baca Juga : Template Slip Gaji Karyawan Gratis, Format Excel 2023

Pengertian Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecil Salary

apa mempengaruhi salary

Siapa disini yang sudah bekerja lama tapi belum paham pengertian salary berdasarkan faktor yang membedakan jumlah salary?

Perlu diingat bahwa jumlah besar kecil salary terkadang akan berbeda-beda dari setiap perusahaan yang ada.

Meskipun seseorang melamar pada posisi yang sama, perbedaan salary yang diperoleh terkadang ada perbedaan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi perbedaan jumlah salary? Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya salary.

Kompetensi Kerja

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi besar kecilnya sebuah salary adalah kualitas kompetensi kerja yang dimiliki oleh karyawan.

Dalam bekerja, kualitas seorang karyawan dalam menghasilkan pekerjaan akan dinilai dan dijadikan sebagai patokan jumlah salary yang akan diterima.

Kompetensi kerja sendiri dapat berupa kemampuan dalam memahami pekerjaan, perubahan yang dihasilkan, serta pengembangan yang diciptakan oleh seorang karyawan pada saat bekerja.

Level Jabatan

Pengertian salary adalah pembayaran karyawan, dalam prosesnya level jabatan juga bisa menjadi salah satu faktor utama dari besar kecilnya jumlah pembayaran yang diperoleh oleh karyawan.

Pada sebuah perusahaan, terdapat pembagian posisi untuk pelaksanaan kerja yang berbeda-beda. Pada setiap posisi tersebut, akan ada level jabatan tertentu yang akan ditetapkan sesuai kualifikasi perusahaan.

Jabatan yang memiliki level tinggi akan memiliki lebih banyak tanggung jawab dari pada level dibawahnya. Oleh karena itu, level jabatan yang berbeda akan menghasilkan salary yang berbeda.

Biaya Hidup

Pembayaran salary pada dasarnya harus mencukupi dari kebutuhan pokok harian setiap karyawan.

Oleh karena itu, pendapat salary setiap perusahaan akan menyesuaikan biaya hidup di lingkungan sekitar perusahaan.

Perusahaan yang lingkungan hidupnya berada di pusat kota biasanya akan memberikan salary lebih tinggi dari pada perusahaan di daerah lain.

Hal ini karena biaya kebutuhan hidup di pusat kota lebih tinggi dari pada lingkungan daerah lain.

Baca Juga :Kredit Konsumtif Karyawan (Cicilan yang Dipotong dari Digaji)

Masa Kerja

Setiap karyawan memiliki jangka waktu yang berbeda dalam memulai pekerjaan di sebuah perusahaan. Jangka waktu yang berbeda ini biasanya disebut sebagai masa kerja dari seorang karyawan.

Masa kerja akan sangat berpengaruh pada perubahan tingkat salary yang diperoleh. Biasanya, karyawan yang masa kerjanya sudah lama akan memiliki peningkatan dalam jumlah salary seiring berjalannya waktu.

Karena pengertian salary adalah jumlah pembayaran berdasarkan kualitas kerja, maka peningkatan dari salary sendiri bisa terjadi karena hasil kinerja yang baik atau penilaian royalitas dalam bekerja.

Pendidikan

Banyak para karyawan baru memperoleh jumlah salary yang berbeda saat pertama masuk ke dalam sebuah perusahaan. Alasan utama dari perbedaan jumlah salary tersebut bisa berasal dari tingkat pendidikan karyawan.

Karyawan yang memiliki pendidikan lebih tinggi biasanya akan dinilai lebih matang dalam bekerja sehingga penawaran salary bisa saja lebih tinggi.

Namun, tingkat pendidikan terkadang tidak menjadi alasan kuat bagi seseorang untuk memperoleh salary yang lebih tinggi. Kualitas kerja dan pengalaman tetap menjadi hal utama.

Kemampuan Perusahaan

Kemampuan perusahaan adalah alasan utama kenapa salary bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Lalu apa pengertian salary berdasarkan kemampuan perusahaan?

Artinya, Setiap perusahaan memiliki budget tersendiri dalam mempersiapkan gaji bagi seorang karyawan yang akan mereka terima.

Besar dan kecilnya budget dari setiap perusahaan tentu akan berbeda-beda sesuai dengan penghasilan dan modal yang ada.

Tingkat Kesulitan Kerja

Faktor terakhir yang mungkin bisa menjadi alasan jumlah salary berbeda adalah tingkat kesulitan kerja yang berbeda-beda.

Posisi kerja yang berbeda tentu akan memberikan kesulitan yang berbeda-beda. Kesulitan ini akan menjadi penilaian utama dari besar kecilnya salary yang dapat diperoleh oleh para karyawan.

Apabila seorang karyawan memiliki tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan performa perusahaan, maka karyawan tersebut tentu akan mendapatkan salary yang sesuai dengan kinerja mereka.

Baca Juga : Lembur Saat Libur? Begini Aturan Resmi dan Hitungan Upahnya

Menghitung Salary Jadi Lebih Mudah Dengan OnTime Payroll

Apa pengertian salary bagi setiap orang? Pengertian salary bagi setiap orang tentu akan sama meskipun berbeda pekerjaan. Yups, salary adalah gaji yang harus didapatkan sesuai dengan jasa yang orang berikan.

OnTime Payroll (OTP) hadir dengan berbagai fitur menarik untuk membantu proses penggajian karyawan di setiap perusahaan agar menjadi lebih mudah, jelas, dan super transpasransi.

Tidak hanya gajian, OTP juga bisa membantumu dalam mengatur manajemen karyawan, jadwal kerja, Proses Kehadiran, dan berbagai macam fitur pembantu lainnya.

Masih bingung cara ngitung salary agar lebih cepat dan mudah?

Hari sibuk gini, jangan habiskan dengan menghitung gaji manual. Ayo coba OTP saja, dan rasakan kemudahannya.

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top